FREEMASON

Hai sobat.... nah untuk postingan yang kedua ini kebetulan terinspirasi dari mbah googleku tercinta.... hahaha.... ^^ Waktu enak-enakan browsing dan nyari ide untuk postingan yang kedua aku nemuin kata "FREEMASON". Ada yang tahu apa itu freemason??? sebetulnya ini sih udah dari dulu tapi nggak papa deh untuk sekedar pengetahuan sobat semuanya......

Freemason ini adalah sebuah organisasi persaudaraan internasional. Freemason ini menurut para peniliti barat sudah didirikan sejak zaman dulu kala yaitu tepatnya di skotlandia pada abad ke 14. Nah kalo zaman modern freemason dimulai dengan berdirinya "Grand Lodge" di London, Inggris pada tahun 1717 Nah apakah Grand Lodge itu???? Nah sebelum kita membahas Grand Lodge itu kita membahas tentang lodge itu sendiri....... Begini lodge itu dimulai dengan adanya para tukang batu . Tukang batu bukan tukang batu sembarangan atau biasa, mereka adalah ahli bangunan yang luar biasa sehingga mendapat tugas untuk membangun katedral-katedral di Eropa. Sebagai imbalan mereka dapet reward dari para raja Eropa berupa fasilitas-fasilitas yang mewah dan pembebasan pajak.

Nah... dengan adanya reward itu para tukang batu ini mendirikan/membentuk serikat-serikat eksklusif yang disebut lodge . Serikat ini sedemikian ekslusifnya sehingga mereka memberikan tanda rahasia dan password kepada para anggotanya. Jadi apabila mereka berkeliling ke seluruh Eropa untuk bekerja, mereka dapat memberikan bukti kepada serikat tukang batu setempat bahwa mereka benar-benar anggota serikat. Sampai hari ini, kode-kode rahasia ini masih digunakan dalam praktek organisasi ini. Lalu mereka memproklamirkan diri sebagai freemasonry atau yang lebih mudah freemason ataunya lagi bisa disebut grand lodge of england. Freemason ini sebuah istilah yang sebenernya nama lain dari perkumpulan Kabbalah yahudi-Talmud.

Waduh apalagi tuh kabbalah??? Kabbalah secara harafiahnya adalah "menerima" klo secara pengertiannya itu "tradisi yang diterima" ato sebuah bentuk esoterik* dari mistisme yahudi, yang berupaya untuk menyingkapkan pengertian-pengertian mistis yang terselubung dalam Tanakh(Kitab Suci Ibrani). Kabbalah menawarkan pemahaman mistis ke dalam hakikat ilahi. .

Nah sekarang kita kembali pada freemason. Dalam prosesnya Grand Lodge Of England ini mendapat saingan baru yaitu grand lodge juga tapi ini masih baru berdiri. Nah akhirnya kedua logde itu musuhan sampai 62 tahun . Pada saat tanggal 27 Desember 1813 kedua lodge ini rujuk atau berdamai setelah melewati beberapa kompromi, dan akhirnya memutuskan untuk menggabungkan diri jadi satu dan menamakan dirinya The United Grand Lodge Of England (UGLE) dan mulai menyebar ke seluruh Eropa dan Hindia Belanda. Maskapai perdagangan Hindia Belanda, VOC , yang merupakan maskapai yang terbesar di dunia pada saat itu adalah milik freemason juga lhoo.....

Seperti organisasi lainnya freemason ini mempunyai kepangkatan atau level tapi kepangkatan yang ada di organisasi freemason ini lebih rumit atau njelimet karena pengajaran dan filosofinya diungkapkan secara bertahap. Secara garis besar kepangkatan freemason ini ada tiga level yang disebut blue degrees yaitu:

  1. Entered Apprentice
  2. Fellow Craft
  3. Master Mason.
Diantara ketiga pangkat itu Master Mason yang paling tinggi. Setelah Master Mason dia boleh unutk mendapatkan pengajaran untuk mengenal ritual freemason yang lebih dalam melalui organisasi yang dibentuk belakangan yaitu "The Scotish Rite" yang memiliki pangkat level 4 (Master Trveller) hingga level 33 (Sovereign Grand Inspector General) dan "The York Rite" yang memiliki sistem kepangkatan lebih rumit lagi, tapi yang tertinggi yaitu "The Order of The Knight Templar" ato lebih gampang disebut "The Knight Templar".

Nah Sampai dulu postingan kali ini untuk postingan selanjutnya akan di bahas mengenai hubungan "The Knight Templar" dan "Freemason" okkeh??? sampai ketemu pada postingan yang selanjutnya..... bye...bye......



*Estoterik adalah istilah spiritual yang biasanya dikaitkan dengan beberapa bentuk agama atau kegiatan agama, yang sebenarnya mengandung arti yang lebih luas.

By: Reez dri brbgai sumber






0 Response to "FREEMASON"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar... tapi jangan spam yah... :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...